Sifat Koligatif Larutan Lengkap

Sifat Koligatif Larutan Lengkap - Sebelumnya, mari kita bahas pengertiannya, sifat koligatif larutan adalah sifat fisis sebuah larutan yang penerapannya hanya bergantung pada jumlahnya atau konsentrasi partikel zat yang terlarut, tetapi tidak pada jenisnya. Contoh dalam kehidupan kita sehari-hari yang sangat erat hubungannya dengan sifat kimia yang satu ini adalah kenaikan titik didih dan penurunan titik beku. Adapun untuk sifat sifat koligatif untuk larutan yang bersifat elektrolit (asam, basa, dan garam) memiliki nilai yang lebih besar dibandingkan sifat koligatif larutan nonelektrolit.


Macam-macam Sifat Koligatif
Jika ke dalam sebuah pelarut murni, jika air dilarutkan oleh suatu zat maka akan terjadi 4 peristiwa atau kejadian yang disebut dengan sifat koligatif larutan, yaitu :

  1. Kenaikan titik didih
  2. Tekanan osmosis
  3. Penurunan titik beku
  4. Penurunan Tekanan Uap

Kenaikan Titik Didih
Mendidih adalah suatu keadaan dimana tekanan uap diatas permukaan cairan sama dengan tekanan udara di sekitarnya. Sedangkan titik didih suatu cairan ialah suhu ketika tekanan uap diatas permukaan cairan sama dengan tekanan uap luar. Titik didih suatu cairan murni akan mengalami kenaikan jika ke dalam cairan tersebut dilarutkan zat yang sukar menguap.

Adanya zat terlarut yang sulit menguap mengakibatkan suatu pelarut semakin sulit mendidih, akibatnya titik didih larutan akan lebih tinggi dibandingkan dengan titik didih pelarut murninya. Besarnya kenaikan titik didih larutan dibandingkan titik didih pelarutnya disebut kenaikan titik didih. Dan persamaannya dapat ditulis sebagai berikut :

Sifat Koligatif Larutan


Selain persamaan diatas, terdapat juga tetapan kenaikan titik didih (Kb) beberapa pelarut seperti yang tersedia dalam tabel berikut ini.


PelarutTitik DidihTetapan (Kb)
Aseton56,21,71
Benzena80,102,53
Kamfer204,005,61
Karbon tetraklorida76,504,95
Sikloheksana80,702,79
Naftalena217,705,80
Fenol18203,04
Air100,000,52


Penurunan Titik Didih
Titik beku suatu cairan adalah suhu ketika tekanan uap cairan itu sama dengan tekanan uap dalam keadaan padat. Pada pembekuan suatu larutan, yang mengalami pembekuan hanya pelarutnya saja, sedangkan zat terlarut tidak ikut membeku. Adanya zat terlarut mengakibatkan suatu pelarut semakin sulit membeku. Artinya, dengan demikian titik beku larutan akan lebih rendah dibandingkan dengan titik beku pelarut murninya.

Selisih antara titik beku larutan dengan titik beku pelarut murninya disebut penurunan titik beku larutan. Seperti halnya kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan sebanding dengan hasil kali molalitas larutan dengan tetapan penurunan titik beku pelarut. Secara matematis, penurunan titik beku dapat ditulis persamaan sebagai berikut.

Sifat Koligatif Larutan


Nah, diatas adalah informasi Live Terbaru yang bisa dibagikan seputar Sifat Koligatif Larutan dalam kehidupan sehari-hari beserta dengan rumus, seperti koligatif elektrolit  dan sebagainya. Bagi Anda yang pernah atau sedang mempelajari salah satu materi pelajaran kimia saat ini, semoga share kali ini membantu dan bermanfaat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Live Terbaru - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top