Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Untuk artikel sekarang, Live Terbaru akan membahas mengenai contoh pidato. Mungkin Anda akan memerlukannya suatu saat. Membuat pidato sebenarnya mudah, namun tidak semudah kedengarannya, karena Anda akan memerlukan contoh untuk membuatnya. Pidato harus dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dimengerti dan nyaman didengar serta jelas. Pidato sendiri dibuat berdasarkan fungsinya, ada yang namanya pidato perpisahan, pidato lingkungan, dan berbagai macam jenis pidato lainnya berdasarkan acara yang diselenggarakan.

Contoh pidato yang akan kami sajikan kali ini adalah tentang perpisahan sekolah. Siapapun yang pernah merasakan duduk di bangku sekolah, mungkin perpisahan adalah salah satu momen paling berkesan selama sekolah, entah itu yang baru menyelesaikan perpisahan SD, SMP, ataupun SMK/SMA. Karena perpisahan adalah momen terakhir kita berada di sekolah tersebut dalam menuntut ilmu dan kita pun akan berpisah dengan teman-teman satu sekolah kita dan memulai perjalanan baru di jenjang yang lebih tinggi. Berikut beberapa contoh dari jenis-jenis ‘Pidato’, selamat membaca.

Contoh Pidato

Tujuan Pidato
Anda mungkin juga harus mengerti mengenai tujuan dari pidato, jadi selain naskah pidato yang baik, Anda juga membutuhkan intonasi suara yang baik pula, berikut beberapa tujuan dari pidato :
  1. Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa kemauan Anda tanpa paksaan
  2. Memberikan pemahaman mengenai suatu informasi untuk orang lain.
  3. Menjadikan orang lain senang terhadap pidato yang Anda bawakan, dan membuat orang lain juga puas akan ucapan Anda, sesuai dengan tujuan pidato pada suatu acara tertentu.
Mungkin Anda diminta untuk membuat pidato perpisahan, apabila Anda bertugas sebagai wakil, maka Anda harus bisa membuat pidato tentang perpisahan yang mengena di hati. Berikut contohnya.

Contoh Pidato Perpisahan

Yth,
Bapak kepala sekolah, ibu dan bapak guru, dan semua teman-teman yang Saya cintai
Pertama, marilah terlebih dahulu kita panjatkan syukur kepada hadirat Tuhan YME sebab atas segala rahmat-Nya di hari ini, sehingga kita bisa berkumpul bersama untuk mengadakan acara perpisahan sekolah.
(berdoa)

Semua hadirin yang Saya hormati, ijinkanlah saya untuk mewakili teman-teman dalam menyampaikan sepatah 2 patah kata dalam acara perpisahan ini.

Saat waktu bersekolah, kami sebagai seorang siswa sangatlah bangga dan juga berterima kasih untuk semua guru yang sudah mengajar di sekolah ini, dengan sangat baik, juga tak pilih kasih dalam proses mendidik, sangatlah sabar dan tak kenal lelah membimbing kami semua. Karena jerih payah semua gurulah kami bisa lulus dengan baik dari SMP ini.

Mudah-mudahan bagi semua guru yang sudah bertugas mengajar di sekolah ini akan selalu diberikan kesehatan yang baik juga diberikan kebahagiaan selalu.

Dan juga bagi semua teman-teman, sungguh sangat berat rasanya untuk berpisah dengan kalian semua, mengingat semua waktu yang sudah dilalui bersama selama tiga tahun ini. Tetapi Saya juga tetap akan mendoakan teman-teman semuanya supaya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik untuk ke SMK, ke SMA, ke STM ataupun institusi pendidikan yang lainnya, agar dapat meraih cita-cita yang teman-teman idamkan semua.

Akhir kata, Saya sebagai perwakilan, mengucapkan sukses untuk bapak ibu guru dan teman-teman semua, juga doa saya menyertai teman-teman dan bapak ibu guru sekalian.

Dalam setiap pertemuan, pastinya akan ada perpisahan karena kehidupan ini tak ada yang abadi. Dan semoga tentang Contoh Pidato Perpisahan ini berguna untuk Anda yang ingin melaksanakan perpisahan ataupun hanya sekedar mengerjakan tugas dari guru.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Live Terbaru - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top