Cara Menurunkan Hipertensi Tekanan Darah Tinggi

Cara Menurunkan Tekanan Darah - Tekanan darah adalah tinggi rendahnya kadar sebuah darah yang ada pada tubuh manusia. Orang yang memiliki tekanan darah yang tinggi menurut ilmu kedokteran memang tidak bagus untuk kondisi orang tersebut, biasanya orang tersebut cenderung berwatak pemarah, tentunya Anda tahu bukan banyak orang yang menderita gejala tekanan darah tinggi atau yang biasa disebut hipertensi.  Hipertensi atau dalam bahasa umumnya tekanan darah tinggi adalah penyakit naiknya tekanan darah di pembuluh darah seseorang dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Kenaikan atau hipertensi tersebut biasanya diakibatkan oleh penyempitan pembuluh darah sehingga dapat menimbulkan timbunan sebuah lemak dan beberapa zat lain. Dan berbicara mengenai penyakit tekanan darah tinggi ini, bisa dikatakan saat ini kira-kira 7 dari 10 orang dewasa beresiko tinggi terkena serangan jantung atau stroke yang diakibatkan tekanan darah mereka terlalu tinggi. Dan jika Anda didiagnosis oleh dokter terkena penyakit yang satu ini, Anda dapat melakukan cara menurunkan tekanan darah Anda dengan cara alami berikut ini.

Cara Menurunkan Hipertensi Tekanan Darah Tinggi

Cara Menurunkan Tekanan Darah


1. Rutin Mengonsumsi Pisang
Pisang bukan hanya enak untuk dimakan, tetapi juga bagus untuk menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu, mulai sekarang masukkan pisang sebagai menu wajib sarapan Anda. Menurut informasi yang Live Terbaru peroleh, pisang memiliki gizi kalium yang berperan sebagai mineral pentung yang kegunaannya untuk menurunkan tekana darah.


2. Jangan merokok
Pastinya kita semua tahu bahwa rokok berbahaya bagi tubuh kita. Selain tak bagus untuk pernapasan nantinya, merokok juga dapat membuat jantung Anda berdetak lebih cepat daripada biasanya sehingga membuat jantung harus bekerja keras.


3. Kurangi Konsumsi Garam
Sebuah makanan terkadang banyak mengandung garam, tahukah Anda bahwa garam itu bisa meningkatkan volume maupun tekanan darah di pembuluh arteri Anda. Maka dari itu, kurangilah mengonsumsi garam atau hindarilah makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi.


4. Rutin Berolahraga
Mulai anak kecil sampai dewasa pasti tahu bahwa olahraga bagus untuk kesehatan tubuh. Dan hal tersebut memang benar adanya, banyak khasiat yang bisa Anda dapatkan karena berolahraga. Salah satunya ialah dapat menurunkan tekanan darah Anda, karena dengan berolahraga bisa membuat penyerapan oksigen meningkat.


5. Rutin Mengonsumsi Kentang
Kentang merupakan sayauran yang akan kalium. Sebaiknya Anda konsumsi kentang di kisaran 2.000 hingga 4.000 miligram setiap harinya. Selain kentang, ada sayuran lain yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti kacang merah, melon, dan blewah.


6. Dengarkan Musik
Menurut seorang peneliti dari Universitas Florence, mendengarkan sebuah lagu yang tepat untuk telinga Anda dapat membantu menurunkan tekana darah. Penelitian ini dilakukan dengan meminta 28 orang dewasa yang telah meminum obat untuk hipertensi mendengarkan lagu selama 30 menit setiap harinya sambil melakukan pernafasan secara perlahan-lahan. Sesudah 1 minggu, kadar sistolik yang ada pada tubuh mereka turun rata-rata 3,2 poin dan 1 bulan kemudian kadar sistolik mereka turun sebesar 4,4 poin.


7. Jangan Terlalu Banyak Bekerja
Menurut sebuah penelitian di Universitas California, bekerja lebih dari 41 jam per minggu di kantor dapat menimbulkan resiko hipertensi sebesar 15 persen. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 24.205 warga California yang memiliki kesimpulan bahwa lembur membuat seseorang sulit untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Silahkan lakukan beberapa tips Cara Menurunkan Tekanan Darah tinggi diatas untuk kesehatan Anda yang lebih baik. Jangan lupa lakukan tips ini secara rutin agar tekanan darah Anda menurun perlahan tapi pasti. Semoga bermanfaat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Live Terbaru - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top