Fungsi dan Pengertian Manajemen Lengkap

Fungsi dan Pengertian Manajemen - Manajemen sering kita temui dalam sebuah pekerjaan, karena dengan adanya manajemen yang baik semuanya akan terorganisir, tersusun, dan terencana dengan sangat rapih dan baik. Karena tentunya perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang mampu memanjemen sistemnya secara baik, mulai dari rapat, waktu kerja, jam istirahat, dan masih banyak lagi. Namun, sudah tahukah Anda apa pengertian manajemen? Jika belum, cobalah simak uraian lengkap tentang manajemen ini.

Pengertian Manajemen

Tahukah Anda? Manajemen berasal dari kata menagement yang merupakan Bahasa Perancis yang artinya adalah seni melaksanakan dan mengatur. Menurut seorang tokoh bernama Mary Parker Follet, manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian ini berarti menunjukkan bahwa seorang manajer bertugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi. Sedangkan definisi menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai suatu sasaran secara efektif dan efesien. Efektif dalam arit ini berarti bahwa tujuan bisa dicapai sesuai dengan langkah perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada kita laksanakan dengan benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Pengertian Manajemen


Istilah dari manajemen mengandung tiga buah pengertian yang dapat disimpulkan, antara lain :
  1. Manajemen sebagai suatu proses.
  2. Manajemen sebagai kolektivitas sekumpulang orang yang menjalani sebuah aktivitas manajemen.
  3. Manajemen sebagai sesuatu yang bernila seni (Art) dan sebagai sesuatu yang mempunyai nilai ilmu pengetahuan (Science).

Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis asal Perancis yang bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu ia menyebutkan lima buah fungsi dari manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah dirangkun menjadi tiga buah fungsi saja, yaitu :

  • Perencanaan atau planning adalah memikirkan apa yang akan atau harus dikerjakan dengan sumber yang telah dimiliki. Hal ini dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk mencapai segala tujuan itu. Yang pengaplikasiannya, seorang manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
  • Pengorganisasian atau organizing dilakukan yang tujuannya adalah untuk membagi sebuah kegiatan besar menjadi sekumpulan kegiatan yang lebih kecil lagi. Pengorganisasian bisa mempermudah manajer dalam melaksanakan kegiatan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang sudah dibagi-bagi itu. Pengorganisasian bisa dilaksanakn dengan cara menentukan tugas apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus mengerjakan tugas tersebut, lalu bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, dan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, serta pada tingkatan mana keputusan tersebut harus diambil.
  • Pengarahan atau directing adalah tindakan yang dilakukan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

Keterampilan Seorang Manajer
  1. Keterampilan konseptual
  2. Keterampilan dalam berhubungan dengan orang lain
  3. Keterampilan teknis

Etika Manjerial
  1. Perilaku/sikap kepada karyawan
  2. Perilaku kepada organisasi
  3. Perilaku kepada agen ekonomi lainnya
Mungkin hanya itu Pengertian Manajemen berserta fungsi manajemen yang bisa Live Terbaru sajikan. Jika Anda pertanyaan seputar artikel tentang manajemen ini bisa hubungi kami, semoga informasi manajemen ini bisa menambah wawasan Anda terkait fungsi dan pengertian dari manajemen.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Live Terbaru - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top