Kumpulan Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif - Paragraf merupakan komponen penting yang terdapat dalam sebuah teks atau tulisan. Ya, bisa dibayangkan jika semua tulisan di dunia ini tanpa ada paragraf pastinya para pembaca akan sakit mata alias kesulitan untuk membaca. Dan salah satu jenis paragraf yang akan Live Terbaru bahas kali ini adalah paragraf deduktif beserta contoh nya. Membahas pengertian nya terlebih dahulu mungkin akan lebih baik, khususnya bagi Anda yang belum tahun artinya. Ya, paragraf deduktif adalah paragraf yang didahului oleh kalimat umum/utama yang kemudian dikembangkan atau diakhiri dengan kalimat khusus atau penjelas. Untuk membuatnya sendiri cukup mudah, Anda bisa perhatikan contoh di bawah ini.

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Kalimat Deduktif 1
Ada juga Perda (Peraturan Daerah) tentang penyelenggaraan pendidikan. Aturan Perda Makassar itu juga mewacanakan sejumlah kebijakan baru di sektor pendidikan. Misalnya, alokasi bantuan operasional sekolah kepada sisiwa SD, SMP, dan SMA/SMK swasta. Dengan alokasi itu, siswa tidak mampu tidak perlu khawatir memikirkan biaya membeli peralatan atau kelengkapan sekolah seperti seragam, buku tulis, dan sepatu. Sebab, pemerintah kota Makassar akan menanggungnya dalam bentuk sebuah barang.

Contoh Kalimat Deduktif 2
Hal ini berkaitan dengan gaya hidup beberapa pejabat negeri kita. Ya, belakangan ini heboh beredar berita perihal gaya atau pola hidup beberapa pejabat yang sangat mewah. Mulai dari mobil mewah yang berharga milliaran rupiah, lalu ada yang mempunya jet pribadi yang tentunya harganya sangat mahal. Ada Alphard, Mercy, serta Bentley. Masyarakat pun heboh. Saya berpikir walau sebenarnya kita lah yang diwakili oleh mereka dalam mengelola negeri ini, dan mereka itu adalah wakil kita, namun mengapa yang merdeka hanya mereka yang statusnya sebagai wakil dari kita?

Contoh Kalimat Deduktif 3
Pada saat ini kebersihan menjadi masalah besar di sekolah, karena banyaknya sampah yang berserakan mulai dari kelas, kantin, hingga kamar mandi sekolah. Hal ini terjadi karena banyaknya murid yang tidak sadar akan kebersihan. Padahal, kebersihan itu sebagian dari iman.

Kumpulan dari Contoh Paragraf Deduktif itu silahkan digunakan untuk Anda yang mau mengerjakan tugas atau PR Bahasa Indonesia agar lebih paham lagi.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Live Terbaru - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top