Kumpulan Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Induktif - Dalam Bahasa Indonesia terdapat 3 macam atau jenis paragraf, yaitu paragraf induktif, deduktif, dan campuran. Dalam setiap jenis tersebut tentunya mempunyai pengertian yang berbeda. Dan dari pengertian induktif sendiri adalah, paragaf suatu artikel atau tulisan yang kalimat utama nya berada di bagian akhir paragraf yang sebelumnya didahului oleh kalimat penjelas ataupun kalimat khusus. Untuk lebih mudah dalam pemahamannya, format paragraf induktif adalah Khusus ke Umum (K - U).

Materi dari pelajaran Bahasa Indonesia ini memang sering kita temui, mulai dari tingkat SD sampai SMK/SMA. Namun lupa materi adalah hal yang sering terjadi bagi setiap siswa di masyarakat kita, mengingat karena kurang seriusnya belajar. Dan disini Live Terbaru mencoba menjelaskan kembali mengenai pengertian beserta contoh paragraf induktif ini dalam format yang benar.

Contoh Paragraf Induktif


Contoh 1
Pada zaman yang serba canggih ini, teknologi terus berkembang dengan pesat. Tak terkecuali teknologi informasi dan komunikasi yang sepertinya sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Oleh karena itu, penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi mutlak diperlukanagar kita tidak tertinggal di era global ini.

Contoh 2
Persaingan di dunia kerja saat ini semakin kompetitif. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Itulah asalan mengapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi kita di dunia kerja.

Contoh 3
Demam tinggi yang terjadi selama beberapa hari terakhir dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Karena seseorang yangg menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau biasa disebut mimisan. Selain itu juga, muncul bintik-bintik merah pada tubuh penderitanya. Semua gejala tersebut alangkah baiknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala seperti itu, penderita bisa ditolong dan ditangani oleh dokter.

Ada baiknya Contoh Paragraf Induktif tersebut dihafalkan agar tidak lupa nantinya. Terlebih lagi ujian sekolah selalu menanti kita. Tetap semangat belajar Bahasa Indonesia, semoga informasi tentang paragraf induktif ini bermanfaat.
Share this article :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Live Terbaru - All Rights Reserved
Template By. Kunci Dunia
Back To Top